BAB I
PENDAHULUAN
A. Pengertian
komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computer yang mengandung arti
menghitung. Komputer
adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur
yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang
perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal
mulanya, pengolahan informasi hampir
eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,
tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan
matematika.
Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan
elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara
komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan
program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi :
Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sbg pelengkap). Tanpa printer
komputer tetap dapat melakukan tugasnya sebagai pengolah data, namun sebatas
terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk print out (kertas).
Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai
dari abakus
dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer.
Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer"
adalah "yang memproses informasi"
atau "sistem
pengolah informasi."
Karena luasnya bidang garapan
ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan
termininologi komputer.
- Menurut
Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan
program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa
informasi.
- Menurut
Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan
beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input
- memproses input tadi sesuai dengan programnya
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
- menyediakan output dalam bentuk informasi
- Sedangan
menutut Fuori, komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan
perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan
operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
B. Unsur-unsur
komputer
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data
untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen
sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan.
Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya.
Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang
mengoperasikan dan mengendalikannya.
1.
Hardware atau
Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa di jamah.
c.
Hard drive, media penyimpanan semi permanen
d.
Perangkat masukan, media yang digunakan untuk
memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet
e.
Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk
menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printe
2.
Software atau
Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan
pengolahan data.
3. Brainware
atau manusia yang mengoperasikan dan
mengendalikan sistem komputer.
Penggolongan Literatur terbaru tentang
komputer melakukan penggolongan komputer berdasarkan tigal hal: data yang
diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya, dan generasinya. Berdasarkan Data Yang Diolah
- Komputer
Analog
- Komputer
Digital
- Komputer
Hybrid
Berdasarkan Penggunannya
- Komputer
Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer)
- Komputer
Untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer)
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
- Komputer
Mikro (Micro Computer)
- Komputer
Mini (Mini Computer)
- Komputer
Kecil (Small Computer)
- Komputer
Menengah (Medium Computer)
- Komputer
Besar (Large Computer)
- Komputer
Super (Super Computer)
Berdasarkan Generasinya
- Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
- Komputer
Generasi Kedua (1959-1964)
- Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970)
- Komputer
Generasi Keempat (1979-sekarang)
- Komputer
Generasi Kelima
BAB II
PEMBAHASAN
A. Inovasi-inovasi
komputer, waktu dan tempat tersebarnya
1.
awal di buatnya komputer(generasi pertama,1946)
Dengan
terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut
berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang
dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta
mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang
insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang
dan peluru kendali.
Pihak sekutu
juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943,
pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan
Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan
Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan
dua alasan. Pertama, Colossus bukan merupakan komputer
serbaguna(general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode
rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade
setelah perang berakhir.
Usaha yang
dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain.
Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM,
berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut
berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel
sepanjang 500 mil. The
Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan
komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk
menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia
membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan
kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan
aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa
kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat
oleh kerjasama antara pemerintah Amerika
Serikat dan
University of Pennsylvania . Terdiri dari 18.000 tabung
vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan
mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.
Komputer ini dirancang oleh John
Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan
komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih
cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von
Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim
University of Pennsylvania dalam usaha membangun konsep
desain komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik
komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer
(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program
ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat
dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von
Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi
komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC
I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi
komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur Von Neumann
tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat
dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai
oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D.
Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952.
Komputer Generasi pertama dikarakteristik
dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas
tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut
"bahasa mesin" (machine language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube
vakum
(yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder
magnetik
untuk penyimpanan data.
2.
Inovasi
pertama (generasi kedua, 1959)
Pada tahun
1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor
menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran
mesin-mesin elektrik berkurang drastis.
Transistor
mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang
berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer
generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih
hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan
teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama
Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini,
yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah
besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin
tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi
bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah
dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore,
California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di
Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa
assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan
untuk menggantikan kode biner.
Pada awal
1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang
bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua
ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga
memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat
ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
Salah satu
contoh penting komputer pada masa ini adalah 1401 yang diterima secara luas di
kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar
menggunakan komputer generasi kedua untuk memprosesinformasi keuangan.
Program yang
tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya
memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas
ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis.
Dengan konsep ini, komputer dapat mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian
menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa
pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common
Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum
digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan
kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh
manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Berbagai macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan ahli
sistem komputer). Industr
piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi
kedua ini.
3. Invovasi kedua (generasi ketiga)
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa
(quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah
piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian
berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal
yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi
ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang
memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
4.
Inovasi
ketiga (generasi keempat)
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik.
Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip.
Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen
dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large
Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan
untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang
setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut
juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004
yang dibuat pada tahun 1971membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh
komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali
input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk
mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor
dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang
diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave,
oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi
dengan mikroprosesor.
Perkembangan
yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa.
Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga
pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk
komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut
minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh
kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program
word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari
2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan
dapat diprogram.
Pada tahun
1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di
rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit
di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65
juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih
kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi
komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang
dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing
dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh
menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara
saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga
mempopulerkan penggunaan piranti mouse.
Pada masa
sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat.
Seiring dengan
menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali
potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer
kecil, komputer-komputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam
suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga
untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini
dapat berkembang menjadi sangat besar.
5.
Inovasi
keempat (generasi kelima)
Mendefinisikan
komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat
muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000
dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan
seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan
kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki
nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual,
dan belajar dari pengalamannya sendiri.
Walaupun
mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang
dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima
instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk
menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak
sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga
ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada
konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara
langsung.
Banyak kemajuan
di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan
komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan
pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann
akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk
bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang
memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat
mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara
yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima.
Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk
merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal,
namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi
kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.
B.
Sistem sosial ketika awal di perkenalkannya komputer
hingga sekarang
Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat,
khususnya teknologi komputer sudah banyak mempengaruhi sebagian besar dalam
dunia usaha masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya
penggunaan komputer sebagian alat bantu dalam menyimpan dan mengolah data-data
dalam suatu dunia usaha masyarakat kita. Informasi adalah data yang telah
diolah menjadi suatu bentuk yang penting dan mempunyai nilai yang nyata atau
yang dapat digunakan dalam pengambilan
keputusan yang sekarang maupun pengambilan keputusan pada waktu yang akan
datang.
Digital (komputer)divide, digital dalam
hal ini diartikan sebagai perangkat elektronika, khusunya komputer dalam hal
menyelesaikan suatu proses kerja. Divide, berati pembagian, dalam hal ini
terjadi pada masyarakat umum, dalam istilah lain diartikan sebagai kesenjangan,
dilihat dari kontrasnya suatu golongan masyarakat satu dengan yang lainnya,
baik dari segi ekonomi, politik, serta tingkat intelektual. Komputer, sebagai
salah satu produk teknologi yang berkembang pesat, menjadi salah satu andalan
dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan. Kondisi ini dimungkinkan dengan
kian kuatnya dominasi komputer sebagai solusi yang efektif dalam penyelesaian
masalah, khusunya dibidang teknis. Tidak hanya komputer, produk teknologi yang
lain pun kian melaju cepat, seperti mesin-mesin otomatisasi dan pengontrol yang
digunakan pada perusahaan-perusahaan produksi serta alat-alat kesehatan, dll.
Dengan demikian makin mendesaknya kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki
keahlian dalam pengoperasian, perawatan bahkan pembuatan produk-produk teknologi
tersebut. B. Latar Belakang Digital divide (kesenjangan digital), isu yang
diluncurkan oleh para techno- utopianism, demikian menurut Donny B.U., M.Si,
koordinator ICT Watch dan jurnalis TI independen. Istilah "digital
divide" terbentuk untuk menggambarkan kesenjangan dalam memahami,
kemampuan, dan akses teknologi. Sehingga muncul istilah “the have” sebagai
pemilik/penggunna teknologi dan “the have not” yang berarti sebaliknya.
Labelisasi ini muncul seiring makin besarnya perbandingan pendapatan dan
kesempatan kerja antara yang memiliki keahlian teknologi dengan yang tidak.
Sekali lagi, hal tersebut dicetuskan oleh para the have. Otomatis hal ini
berdampak buruk pada perkembangan sosial ekonomi masyarakat, karena kian
tersisihkannya kaum the have not, baik dari lingkungan kerjanya maupun dari
pergaulan masyarakat suatu golongan yang berpendapat bahwa teknologi dapat
menyelesaikan permasalahan yang ada.
Berawal dari komputer digital pertama, dengan ukuran dan biaya yang
besar, sebagian besar mengerjakan perhitungan ilmiah. ENIAC, komputer awal AS
semula didesain untuk memperhitungkan tabel ilmu balistik untuk persenjataan
(artileri), menghitung kerapatan penampang neutron untuk melihat jika bom hidrogen akan bekerja dengan semestinya
(perhitungan ini, yang dilakukan pada Desember 1945 sampai Januari 1946 dan
melibatkan dala dalam lebih dari satu juta kartu punch, memperlihatkan bentuk lalu di
bawah pertimbangan akan gagal). CSIR Mk I, komputer pertama Australia,
mengevaluasi pola curah hujan untuk tempat penampungan dari Snowy Mountains, suatu proyek pembangkitan hidroelektrik besar. Yang lainnya juga dipakai
dalam kriptanalisis,
misalnya komputer elektronik digital yang pertama, Colossus,
dibuat selama Perang Dunia II. Akan tetapi, visionaris awal
juga menyangka bahwa pemrograman itu akan membolehkan main catur, memindahkan
gambar dan penggunaan lain.
Orang-orang di pemerintah dan perusahaan besar juga memakai komputer
untuk mengotomasikan banyak koleksi data dan mengerjakan tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh
manusia - misalnya, memelihara dan memperbarui rekening dan inventaris. Dalam
bidang pendidikan, ilmuwan di berbagai bidang mulai memakai komputer untuk
analisa mereka sendiri. Penurunan harga komputer membuat mereka dapat dipakai
oleh organisasi yang lebih kecil. Bisnis, organisasi, dan pemerintah sering
menggunakan amat banyak komputer kecil untuk menyelesaikan tugas bahwa dulunya
dilakukan oleh komputer kerangka utama yang mahal dan besar. Kumpulan
komputer yang lebih kecil di satu lokasi diserahkan ke sebagai perkebunan server.
Dengan penemuan mikroprosesor di 1970-an, menjadi mungkin
menghasilkan komputer yang sangat murah. PC menjadi populer untuk banyak tugas,
termasuk menyimpan buku, menulis dan mencetak dokumen. Perhitungan meramalkan dan lain berulang
matematika dengan spreadsheet, berhubungan dengan e-pos dan, Internet. Namun, ketersediaan luas komputer dan mudah customization sudah melihat
mereka dipakai untuk banyak maksud lain.
Sekaligus, komputer kecil, biasanya dengan
mengatur memprogram, mulai menemukan cara mereka ke dalam alat lain seperti
peralatan rumah, mobil, pesawat terbang, dan perlengkapan industri. Yang ini
prosesor benam menguasai kelakuan alat seperti itu yang lebih mudah, membolehkan kelakuan
kontrol yang lebih kompleks (untuk kejadian, perkembangan anti-kunci rem di mobil). Saat abad kedua puluh satu
dimulai, kebanyakan alat listrik, kebanyakan bentuk angkutan bertenaga, dan
kebanyakan batas produksi pabrik dikuasai di samping komputer. Kebanyakan
insinyur meramalkan bahwa ini cenderung kepada akan terus.
Pada sekitar 20 tahun terakhir, kemudian banyak
alat rumahtangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon
genggam, perekam kaset video, PDA dan banyak sekali dalam rumah tangga,
industri, otomotif, dan alat elektronik lain, semua berisi sirkuit elektronik
yang seperti komputer yang memenuhi syarat Turing-lengkap di atas (dengan
catatan bahwa program dari alat ini seringkali dibuat secara langsung di dalam chip ROM yang akan perlu diganti untuk mengubah program
mesin). Komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai "mikrokontroler" atau "komputer benam" (embedded
computer). Oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer
kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, daripada menjadi
bagian dari sistem yang lebih besar seperti telepon, oven mikrowave, atau pesawat terbang, dan bisa diubah untuk berbagai maksud oleh
pemakai tanpa modifikasi fisik. Komputer kerangka utama, minikomputer, dan komputer pribadi (PC) adalah macam utama komputer yang mendapat
definisi ini. Akhirnya, banyak orang yang tak
akrab dengan bentuk komputer lain memakai istilah ini secara eksklusif untuk
menunjuk kepada komputer pribadi (PC).
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan pemaparan tentang semua
hal di atas, kita bisa menggambarkan proses difusi dan adopsi pada komputer
berawal pada tahun 1946 yang pada awalnya di gunakan untuk kemiliteran dan
hanya orang tertentu saja yang dapat mengoprasikannya ataupun memilikinya. Apalagi,
komputer pada generasi itu hanya ada di negara negara yang memang mempunyai
sumber daya manusia (SDM) nya relatif tinggi, akan tetapi dengan
inovasi-inovasi yang di tawarkan oleh para pakar komputer (1959, 1964, 1979, sekarang) komputer tidak lagi hanya digunakan untuk
kemiliteran saja, banyak hal hal baru yang dapat di kerjakan atau di selesaikan
melalui komputer itu sendiri. Bahkan tidak hanya orang tertentu saja yang dapat
nengoprasikannya ataupun memilikinya.
B. Kritik dan saran
Dalam
sistematika penulisan
makalah yang sangat sederhana ini
tentunya banyak terdapat kekeliruan mulai dari kurang jelasnya materi
yang tercantum, dikarenakan kurang adanya referensi yang penulis temukan. Dan
tentunya banyak kekurangan kekurangan lain dalam penulisan makalah ini. Oleh
karena itu, penulis sangat berharap sekali kepada para pembaca yang budiman,
agar memberikan kritik dan saran konstuktif dalam penulisan makalah ini selanjutnya.
Penulis juga meminta maaf yang sebesar besarnya, apabila
adanya penulisan makalah ini kurang begitu memuaskan hati para pembaca
sekalian.
DAFTAR PUSTAKA
- V.
Carl Hamacher, Zvonko G. Vranesic, Safwat G. Zaky, Computer Organization
(5th Edition), McGraw-Hill, 2001.
- Robert
H. Blissmer, Computer Annual, An Introduction to Information Systems
1985-1986 (2nd Edition), John Wiley & Sons, 1985.
- William
M. Fuori, Introduction to the Computer: The Tool of Business (3rd
Edition), Prentice Hall, 1981.
- http://www.smp1gebog.sch.id/index.php?option=com_content&view=article&id=85:pengertian-komputer&catid=42:tik&Itemid=56
- http://www.scribd.com/doc/20912400/Komputer-Dan-Masyarakat5
- http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komputer
- http://eraarsandy.blogspot.com/2007/12/komputer-masyarakat-komputer-adalah.html
- http://fluxinterlude.files.wordpress.com/2008/06/komputer-dan-masyarakat5.pdf
- http://sitialiyah.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9878/Materi+ke-1.ppt
- http://ivan_maurits.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/3807/Bab1.doc
- http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi
0 komentar:
Post a Comment