.

.

Tahun Baru, Ilustrasi Keadaan Moral Bangsa Indonesia

Iniah gambaran kecil keadaan bangsa indonesia, dan inilah perjalanku di kota probolinggo pada malam tahun baru.
Probolinggo, ya... di kota ini aku menikmati tahun baru 2012 dan di alun-alun kota ini aku mulai mengerti keadaan moral bangsaku yaang besar ini. Di temani sebatang rokok surya di antara jari telunjuk dan jari tengahku, aku mulai mengelilingi alun-alun kota yang saat itu penuh dengan bunyi terompet tahun baru itu.
Selangkah ku ayunkan kakiku di alun alun, akupun tersentak ketika ku lihat di setiap sudut alun-alun. Di satu sudut ku lihat muda mudi dengan asiknya bermesraan, lalu aku bertanya, “apakah ini bangsaku?” .masih dengan pertanyaan tadi, ku lanjutkan pertanyaanku, di sudut yang lain ku lihat anak-anak SMA menyaringkan bunyi knalpot sepeda motornya, akupun bertanya lagi “apakah ini bangsaku?”. Masih tak terjawab pertanyaanku, aku langsung duduk di bawah naungan pohon cemara yang ada di tengah alun-alun. Tak henti hentinya ku pandangi di sekitarku, aku kembali tersentak saat di satu sudut ku lihat anak SMP membentuk gangster, lalu akupun bertanya lagi “apakah ini bangsaku?”.....
15 menit hingga rokok di tanganku terhisap habis. Aku masih belum menemukan jawaban akan pertanyaanku, langkah demi langkah aku terus menelusuri setiap sudut alun-alun. Tak lama setelah itu, ku lihat patung garuda yang bertengger gagah di sebelah utara alun-alun kota probolinggo yang seakan akan ia memberikan jawaban akan pertanyaanku. “INI ADALAH BANGSA INDONESIA”  Kata Sang Garuda.

Blog, Updated at: 7:17 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.