Inilah Alasan Menjadi Blogger


Blogger, adalah sebutan untuk para pengelola blog baik itu blog pribadi, instansi, ataupun blog-blog lainnya. Dewasa ini BlogWalking (Istilah untuk pengelolaan Blog oleh Blogger: red) semakin menjadi “dunia baru” yang patut untuk diperhitungkan. Sepak terjangnya mulai merambah ke banyak aspek dalam kehidupan. Penyebutan kata Blogger semakin hari semakin familiar di telinga masyarakat awam sekalipun, apalagi ditambah dengan kemajuan dunia internet yang semakin mudah untuk dinikmati, sudah bukan hal yang sulit lagi untuk menjadi Blogger sejati.


Tak hanya di Negara maju, di negara berkembang seperti Indonesia BlogWalking seakan telah menjadi tren baru masyarakat, menjadi gaya hidup, hobi bahkan bisa jadi telah menjadi profesi. Menyebutkan kalimat “Saya seorang Blogger” adalah merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Para Blogger dewasa ini.

Seiring dengan semakin banyaknya Para Blogger, muncullah beberapa komunitas Blogger di beberapa lapisan bumi ini, termasuk Indonesia. Komunitas ini bisa berupa perkumpulan di media sosial yang kemudian berkumpul bersama dengan kegiatan ekstra di dunia “nyata”. Atau cukup di media sosial saja.

Di media sosial, di Google + misalnya, ada banyak sekali komunitas Blogger baik itu dalam skala internasional seperti Blogspot (nama komunitas di Google +) yang anggotanya mencapai 83 ribu lebih. Dan untuk komunitas Blogger Indonesia di Google+ sebut saja; Blogger Nusantara yang mencapai 25.256 anggota (update 09 April 2015), Blogger + yang anggotanya mencapai 41.445 anggota (update 09 April 2015) dan masih banyak lagi komunitas Blogger Indonesia di Media sosial milik Google ini yang tak mungkin disebutkan satu persatu.

Selain di Google+, Blogger Indonesia juga eksis berkumpul ria di Facebook, Media sosial terbesar di jagat bumi. Salah satu komunitas terbesar Blogger Indonesia di Media sosial ini adalah Blogger Indonesia (nama Grup di Facebook), anggotanya mencapai 58.992 anggota (update 09 April 2015). Juga ada komunitas dengan nama BLOGGER INDONESIA (huruf kapital semua) dengan anggota yang lebih banyak, anggotanya mencapai 88.718 (update 09 April 2015). Dan masih banyak lagi komunitas lain di Facebook Grup yang tidak mungkin untuk disebutkan satu persatu.

Ada banyak alasan yang menjadi dasar para Blogger untuk terjun ke dunia BlogWalking. Secara lebih ringkas alasan tersebut dapat dibagi menjadi tiga. Pertama karena hobi, Kedua untuk mengisi waktu luang dan yang ketiga untuk Komersial.

Alasan yang pertama adalah hobi, alasan ini menjadi alasan paling mendasar dari para Blogger yang berhasil kami wawancarai secara online via facebook. Salah satunya diungkapkan oleh M.Hadi pemilik blog dengan alamat www.beldexintravel.blogspot.com, ia mengungkapkan bahwa alasan mendasar untuk terjun ke dunia Blog adalah karena hobi semata. Selain M. Hadi alasan yang sama juga diungkapkan oleh Amir, seorang Blogger asal Bengkulu dengan alamat blog www.aburaisyaa.blogspot.com.

Alasan yang kedua ialah untuk mengisi waktu luang. Alasan yang satu ini merupakan alasan yang cukup dominan dari semua hasil wawancara kepada beberapa Blogger. Irfan Budi Mulyana, Blogger asal Brebes dengan alamat blog www.irfanstory.com, dia mengungkapkan bahwa alasannya menggeluti dunia blogging hanya sekedar untuk mengisi waktu luang saja. Juga Elhan Noor Auzan, Blogger dari tanah Tambun Selatan dengan alamat blog www.downloadgratis92.blogspot.com, mengungangkapkan bahwa dia beralasan sama dengan Irfan Budi Mulyana. Selain kedua Blogger tersebut juga ada beberapa Blogger yang beralasan sama, sebut saja; Nama : Dee Andry, Blogger asal Serang Banten denagn alamat blognya www.sharedia.com; Syarif Hidayatullah, Blogger asal Tangerang dengan blognya www.albumgo.blogspot.com; dan banyak yang lainnya.

Alasan ketiga adalah sebagai media komersial. Disadari atau tidak, aktivitas BlogWalking mempunyai potensi yang cukup besar untuk menghasilkan uang (dikomersialkan). Karena secara konsep sederhananya “Blog adalah tanah, jika menanam maka akan tumbuh”. Blog-pun demikian, ia akan menghasilkan uang jika ia ditanami. Tanami ia dengan konten menarik dan berkualitas yang membuat pengunjung betah Browsing di blog, kemudian sediakan Advertaising sebagai bungkus hasil panen.

Sesuai dengan konsep sederhana tadi, maka tidak salah jika banyak Blogger yang terjun ke dunia Blogger untuk tujuan komersial. Kurniawan KP, dengan blognya www.blogkers.mywapblog.com  menyampaikan dengan gamblang bahwa ia mengelola blog untuk mencari uang (komersial). Selain Kurniawan KP, Akhmad Syahroni, Blogger asal Permata Cimahi dengan alamat blog www.sssyahroonix.blogspot.com juga berasalan sama, hanya saja dia juga mempunyai Secondary Pupose yakni untuk Share (Berbagi).

Selain alasan-alasan diatas, masih banyak lagi alasan yang diutarakan oleh Blogger-Blogger lain. Tito Prabowo misalnya, Blogger asal Jakarta Selatan dengan alamat blog www.bowooo97.blogspot.com menuliskan dalam form wawancara kami, “just sharing, karena ingin menjadi penulis yang sebenernya makanya membuat blog karena bisa diliat orang dan mendapat kritik dan saran”. Juga ada Galuh Maher, Blogger asal Pacitan dengan alamat blog www.maherdika30.blogspot.com mempunyai alasan yang sangat sederhana, yaitu hanya sekedar ingin punya saja.

Demikian alasan-alasan yang disampaikan oleh Para Blogger. Apapun alasan mereka, yang jelas Blogger telah mempunyai dunianya sendiri dan mampu memberikan perubahan bagi lingkungannya, baik secara tatanan sosial, budaya, pendidikan, fashion, tren dan lain sebagainya.



Blog, Updated at: 8:08 PM

17 komentar:

  1. Terima kasih untuk infonya, gan.!

    ReplyDelete
  2. Lebih banyak blogger di indonesia, lebih ketat persaingan pra blogger di indonesia (y), smga adanya para blogger di indonesia ini, bisa membuat masyarakat indonesia tidak Bunet (Buta Internet), Amin... #HappyBlogingall :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas infonya, saya sih alasan main blogger karena cuma menghabiskan waktu luang saja :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih saya ngeblog saya ingin membantu orang sekitar dan mengisi waktu luang benar apa yang di katakan atas saya

    ReplyDelete
  5. thanks gan infonya... saya ngeblog buat ngisi waktu luang sambil menambah pendapatan.

    ReplyDelete
  6. terima kasih infonya gan, kalo ane sih ngeblog niat awalnya ingin share tentang pemrograman, tpi ternyata bisa nambah pulsa jg gan ahaha :D

    ReplyDelete
  7. hemmm ternyata banyak juga alasan orang untuk ngeblog, mulai dari hobby mencari uang dl, ternyata perkembangan dunia blogging indonesia sangat pesat za

    ReplyDelete
  8. kok punya saya nggak ada ?
    cantumin dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo.... cm ntr aku cantumin di menu B.I.... pojok atas itu gan

      Delete
  9. alasan ane ngeblog sih entah kenapa ane suka otak atik html di blog..

    ReplyDelete
  10. kalo ane sih, cuma sekedar hobby gan, biar gak telalu gaptek ama kemajuan jaman..
    hehehehehe

    ReplyDelete
  11. sekarang hampir semua orang pengen jadi blogger mas :D
    pengen tulisan hasil karyanya di kenal orang banyak, hal yang paling mudah ya nulis di blog.

    ReplyDelete
  12. wahhh... makin banyak mas persaingan kalo kayak gini :D
    hehehe... yang penting mahh tetep update aja :D

    ReplyDelete
  13. Sangat membantu sekali artikel ini, terima kasih

    blog kami : Visit Me (Travel On)

    ReplyDelete
  14. Blog ketika di kelola secara profesional bisa menjadi lahan subur, namun tetap kembali ke alasan awal membuat blog. Kalaupun bisa menghasilkan anggap saja itu bonus

    ReplyDelete

Popular

Recent Comment

Follow by Email

Powered by Blogger.