.

.

Industrialisasi Pendidikan Pengaruh Marxisme

Seiring berlalunya waktu, tanpa kita sadari nilai-nilai pendidikan di Indonesia juga ikut terkikis dalam peranannya mendidik generasi bangsa yang akan menjadi titik tumpu bangsa ini di masa depan. Nilai pendidikan serta norma-norma nya kini telah banyak mengadopsi pemikiran-pemikiran filsafat marxisme yang berpatokan pada adanya timbal balik yang kemudian menjadi pendidikan di Negara ini menjadi pendidikan berbasis industri.


Lahirnya pendidikan pendidikan berbasis industry ini memberikan banyak dampak negative pada nilai-nilai pendidikan itu sendiri, salah satu contoh konkritnya ialah pada era orde baaru seoraang guru di kenal sebagai pahlawan tanpa pamrih, namun pada masa kini, guru lebih banyak menuntut haknya dari pada memenuhi kewajibannya. Dampak dari hal inilah yang kemudian mengakibatkan output dari peserta didik kurang baik karena mereka hanya di ajari untuk mengembangkan potensi mereka tanpa adanya pendidikan atas nilai-nilai karakter.


Pendidikan berbasis industry ini umumnya hanya terdapat pada sekolah-sekolah tertentu, SMK, STM dan lain sebagainya. Target pendidikan yang demikian hanyalah menekankan terhadap aspek perkembangan potensi siswa, sedangkan maksud dan tujuan pendidikan sendiri adalah memanusiakan manusia. Yang mana di dalamnya mencakup aspek perkembangan kognitif, efektif dan psikomotorik. Dengan tiga aspek inilah pendidikan dalam pembentukaan karakter siswa akan tercapai secaraa maksimal.


Selanjutnya, terserah  sahabat DZ Cyber….


Lebih penting mana antara pendidikan dan pengembangan potensi yang akhirnya hanya berujung industrialisasi pendidikaan itu sendiri.
Ingin bangsa yang bermoral atau ……………

Blog, Updated at: 6:52 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.