.

.

Catatan Kecil untuk Walisongo

Sahabat DZ Cyber, kemarin saya pergi ziarah ke makam-makam walisongo, meskipun hanya lima wali saja yang saya ziarahi, yakni sunan ampel, sunan giri, sunan maulana malik ibrahim, sunan drajat dan sunan bonang. Dimana makam wali-wali ALLAH ini terletak di jawa timur semua. Untuk sunan ampel di kabupaten surabaya, sunan giri dan sunan maulana malik ibrohim di kabupaten gresik, sunan drajat di kabupaten lamongan dan sunan bonang terletak di kabupaten tuban.


Dalam perjalan ini banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan. Salah satunya berangkat dari banyaknya peziarah yang hadir di pemakaman para sunan tersebut. Ketika saya bertanya pada salah satu pedagang di sekitar area makam sunan ampel misalnya, dia menjawab “disini memang selalu ramai pengunjungnya mas, apalagi hari kamis sampai minggu pasti area makam penuh”.


Pertanyaannya sekarang adalah “apa yang menyebabkan ini semua?”. Mungkin inilah jawabannya, dalam al-quran disebutkan “ALLAH akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu”. Kita tahu bahwa para walisongo terkenal dengan kealiman(ilmu)nya dan juga jasa mereka dalam penyebaran agama islam di tanah jawa. Dari sinilah mungkin kekaromahan para wali ALLAH tersebut bertahan hingga sekarang. Dan selalu di kenang oleh umat muslim terutama yang ada di tanah jawa.


Sahabat DZ Cyber, silahkan jika anda mempunyai argumen lain terkait dengan hal ini, tapi yang terpenting, semoga kita bisa bersama mereka kelak di akhirat.

Blog, Updated at: 7:11 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.