.

.

PROBLEMA DAN PANDANGAN FILSAFAT


Pada dasarnya problema itu sangat mengganggu sekali bagi kita, akan tetapi problema justru menjadi bagian yang sangat diperlukan dari kehidupan kita. Walaupun para filsuf tidak mempunyai pemecahannya seperti para dokter yang memberikan resep, akan tetapi mereka sangat membantu kita untuk mendapatkan jawaban sebuah persoalan,


Pada beberapa dasarawarsa terakhir, filsafat hanya mementingkan sejarah filsafat atau pembahasan tentang istilah atau bahasa yang dipakai untuk menguraikan suatu fikiran. Jika kita mengikuti pandangan ini, pengetahuan tidak akan memberikan pengetahuan baru bagi kita.

Sehingga diperlukan sebuah pandangan baru, bahwa filsafat bukan sekedar mengurai suatu fikiran, akan tetapi filsafat adalah proses pemikiran serta kritik terhadap kepercayaan-keperyaan dan sikap-sikap kita. Dan aktifitas filsafat merupakan aktifitas dari orang-orang yang berfikir.

Sehingga, hubungannya dengan problema tadi, ketika filsafat tidak lagi menjadi -hanya sekedar- menguraikan fikiran, akan tetapi telah menjadi proses berfikir, maka tidak akan jauh kemungkinan, seorang filsuf akan juga menghasilkan sebuah "resep" sebagaimana yang dilakukan oleh seorang Dokter.

Blog, Updated at: 3:34 PM

2 komentar:

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.