.

.

Inilah MUGI, dan Inilah MUGI Kampus Terbesar

Logo MUGI

Dari sebuah komunitas kecil, kemudian MUGI tumbuh menjadi komunitas besar dalam pengembangan teknologi Microsoft. Dari yang hanya empat orang, kemudian membentuk cabang komunitas hingga ke beberapa kota dan kampus. Tak ubahnya seperti virus, akhirnya MUGI menjangkit para penikmat teknologi Microsoft, dan tak sedikit dari mereka yang kemudian bergabung dengan MUGI.


Tentang MUGI

Mendengar nama MUGI atau Mucrosoft User Group Indonesia sudah tidak terdengar asing lagi bagi penikmat teknologi, khususnya penikmat teknologi microsoft, salah satu perusahaan teknologi yang memberikan kontribusi sangat besar untuk kemajuan teknologi dewasa ini. MUGI yang merupakan komunitas pengguna, penggemar, pemerhati serta pengembang produk teknologi microsoft telah memikat para konsumen microsoft dengan beberapa terobosan serta gerak nyatanya dalam pengembangan teknologi Microsoft. Tak hanya itu, MUGI juga aktif memprakarsai adanya beberapa seminar, workshop serta lomba-lomba yang berbasis teknologi Microsoft. Selain itu, komunitas ini juga semakin dikenal karena terbentuknya beberapa komunitas yang ada dibawah naunganya, seperti MUGI regional serta MUGI Kampus yang belakangan mulai marak terbentuk di beberapa perguruan tinggi di indonesia.

Seperti kebanyakan komunitas, pada awal berdirinya MUGI merupakan komunitas kecil yang hanya beranggotakan segelintir orang saja. adalah Tutang, seorang PNS di lingkungan LIPI yang memprakarsai berdirinya MUGI, yakni pada 19 September 2000. Bersama ketiga temannya Yudisthira, Hans Manansang dan Paul Hardiman. Hingga saat ini MUGI terus berkembang dengan cepat dan langsung mendapat dukungan dari Microsoft Indonesia.

Seiring dengan berkembangnya MUGI dan semakin banyaknya jumlah anggota yang tersebar di seluruh pelosok indonesia, maka dibentuklah MUGI Regional sebagai wadah untuk merangkul anggota MUGI yang ada di setiap daerah tertentu. Dalam rentang waktu lima tahun dari tahun berdirinya, MUGI telah membentuk beberapa MUGI Regional, sebut saja MUGI Jatabek, MUGI Bandung, MUGI Yogyakarta, MUGI Surabaya, MUGI Bali, MUGI Malang dan MUGI Priyangan. 

Tahun tahun berikutnya MUGI Regional terus dibentuk di daerah-daerah lainnya seperti MUGI Semarang, MUGI Batam, MUGI Banjarmasin, MUGI Lamongan dan masih banyak lagi MUGI Regional yang lainnya, demikian disebutkan dalam website resmi MUGI.

Setelah sukses dalam pembentukan beberapa MUGI Regional, MUGI sembari juga melebarkan sayap dengan membentuk MUGI Kampus, dimana dalam sistem strukturalnya MUGI Kampus berada dibawah naungan MUGI Regional masing-masing.

Ada banyak sekali MUGI Kampus, sebut saja MUGI UNIBA (MUGI Kampus UNIBA berada di bawah naungan MUGI Batam),  MUGI St Inten (di bawah naungan MUGI Bandung), MUGI Universitas Gunadarma (di bawah naungan MUGI Jatabek), MUGI Politeknik Informatika Del (di bawah naungan MUGI Medan), MUGI STMIK Potensi Utama (di bawah naungan MUGI Medan) dan banyak lagi MUGI Kampus yang lainnya. Untuk saat ini MUGI Kampus yang paling besar adalah MUGI UIN Syarif Hidayatullah, berikut akan di paparkan tentang MUGI Kampus yang Ketuanya berhasil diwawancarai oleh Kru Alghorizm di Ciputat, Jakarta Selatan.

MUGI UIN Syarif Hidayatullah

Kala itu suasana ibu kota tak berbeda dengan yang dikabarkan oleh kebanyakan media massa, lalu lalang kendaraan sangat padat, tak gampang untuk menyeberang jalan dari tempat kami (redaksi) berdiri ke gedung Kampus UIN Syarif Hidayatullah, tempat MUGI Kampus terbesar ini berada. Masih sangat pagi sekali ketika kami tiba di Kampus UIN Syarif Hidayatullah, hanya segelintir mahasiswa saja yang kami lihat di setiap sudut kampus. Lama kami berjalan menyelusuri kampus yang super luas tersebut, kemudian kami putuskan untuk menghubungi Reza, Ketua MUGI UIN Syarif Hidayatullah yang akan kami temui pagi itu.

Pagi mulai berganti siang, akhirnya kami tiba di Lobby Fakultas Teknologi dan Sains, disana Reza sudah menunggu kehadiran kami yang telah menunggu waktu luangnya sedari pagi buta. Setelah itu, bak malam yang di tunggu sang bintang, Reza dan satu temannya duduk di lantai sengaja menunggu kehadiran kami untuk menceritakan semua hal tentang MUGI UIN Syarif Hidayatullah, komunitas tempat mereka saling berbagi pengetahuan tentang teknologi Windows.

Awal penuturannya Reza menjelaskan tentang MUGI secara umum, bahwa MUGI adalah komunitas yang mempelajari teknologi microsoft, dan untuk kalangan kampus bukan hanya mahasiswa jurusan TI saja yang boleh bergabung dengan komunitas ini, semuanya boleh bergabung. “Mugi itu komunitas yang mempelajari semua hal tentang microsoft, bukan hanya anak TI saja, semuanya, selain yang jurusan TI juga boleh bergabung disini. Ada anak biologi, dan lain lain. Mereka sudah mulai buat aplikasi juga. Sistemnya sharing.” Jelas Reza dengan logat jakartanya kepada kami.

MUGI UIN Syarif Hidayatullah berdiri pada tanggal 10 sepetember 2010. Berawal dari aktifitas browsing abdullah dan muhammad fajar yang tanpa sengaja menemukan komunitas kajian bernama MUGI, kemudian mereka berinisiatif untuk mendirikan MUGI di kampus mereka. Reza yang merupakan ketua MUGI UIN Syarif Hidayatullah yang kedua mengungkapkan cerita dari abdullah bahwa cara mendirikan MUGI di kampusnya sangatlah mudah, mereka hanya mengunjungi MUGI Jatabek dan langsung mendapat dukungan dengan akan dibentuknya MUGI Kampus tersebut, selanjutnya MUGI Jatabek inilah yang menaungi MUGI UIN Syarif Hidayatullah sebagai MUGI Kampus yang ada di bawah naungan MUGI Regional Jatabek.

Sebagai organisasi atau komunitas kajian, MUGI UIN Syarif Hidayatullah tidak terlalu banyak aturan dalam sisi struktur keorganisasian-nya, hanya ada beberapa bagian saja, yakni ketua, sekretaris, bendahara, dan koordinator divisi pada setiap spesifikasi kajian. Spesifikasi kajian dibagi menjadi tiga, yaitu Desaigner, Programmer dan Sistem Analis. Demikian Reza menjelaskan perihal struktur keorganisasian kepada kami.

Selanjutnya Reza menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan MUGI UIN Syarif Hidayatullah. Ada tiga kegiatan menurut waktu pelaksanaanya. Pertama adalah kegiatan mingguan, kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas kajian bersama antar anggota MUGI UIN Syarif Hidayatullah menurut spesifikasi kajian yang mereka tekuni masing-masing. Kedua adalah kegiatan persemester, kegiatan ini adalah kegiatan jangka panjang yang harus di selesaikan selama satu semester, berupa pembuatan aplikasi yang berbasis windows. Ketiga adalah kegiatan tahunan, kegiatan ini bernama UMDC, UMDC merupakan kegiatan yang dikemas dengan beberapa rangkaian acara, seperti seminar, workshop dan berbagai lomba. Hebatnya, sebelum UMDC digelar panitia harus membuat beberapa aplikasi terlebih dahulu untuk dipamerkan ketika UMDC berlangsung, termasuk UMDC II yang dilaksanakan pada tanggal xxx kemarin. “Selama dua bulan sebelum UMDC kemarin, kami sudah membuat 17 aplikasi,” ungkap Reza.

Selain menjelaskan panjang lebar tentang struktur, kegiatan dan sejarah MUGI UIN Syarif Hidayatullah, Reza juga menegaskan bahwa secara formal MUGI UIN Syarif Hidayatullah tidak berada di bawah naungan kampus. MUGI UIN Syarif Hidayatullah merupakan organisasi luar kampus, tapi semua anggotanya merupakan mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah, organisasi seperti ini biasa disebut dengan Organisasi extra kampus. “Kita tidak ada di bawah naungan kampus, hanya saja, Jika kita menang dalam sebuah perlombaan, kampus kita terbaca juga,” jelas Reza.

Selain aktif mengadakan kegiatan sendiri, anggota MUGI UIN Syarif Hidayatullah juga aktif mengikuti perlombaan-perlombaan yang berbasis teknologi Microsoft, baik yang di selenggarakan oleh komunitas lain, sebuah lembaga, bahkan perlombaan yang diselenggarakan oleh Microsoft sendiri. “selain sibuk mengadakan kajian dan lainnya, kami juga sering mengikuti perlombaan, seperti IMAGINE CUP yang diadakan oleh Microsoft, juga perlombaan yang diadakan oleh komunitas lain,” tuturnya pada kami.



*Diterbitkan versi cetak oleh Majalah Alghorizm STT Nurul Jadid





Blog, Updated at: 4:27 PM

2 komentar:

  1. Wew :) Jadi Nambah ilmu nih gan (y)

    ReplyDelete
  2. wah keren ini artikelnya makasih gan ane malah gak ngerti tentang mugi jadi sedikit ngerti

    ReplyDelete

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.