.

.

Moralitas, Sebuah Persoalan Dalam Filsafat


Moral atau bisa di sebut etika dalam pendefenisiannya merupakan kajian dalam ilmu filsafat yang tak henti-hentinya di kaji selama ber abad-abad. Hal ini di karenakan moral itu akan selalu bergesekan dengan hal-hal yang ada di zamannya, sedangkan kita tahu bahwa zaman itu akn terus mengalami perubahan baik itu dari aspek social, budaya, bahkan kepercayaan (religi).

Dalam ilmu filsafat moral di samakan dengan etika dimana keduanya berasal dari bahasa yunani ethics dan ethos yang mempunyai arti “kebiasaan atau cara hidup” . tapi untuk sekarrang kata morality biasanya lebih menunjukkan terhadap tingkah laku itu sendiri sedangkan etika lebih menunjuk kepada penyelidikan tentang tingkah laku itu sendiri.

Dalam pendekatannya, ilmu filsfat mempunyai dua cara untuk menyelidiki moral/etika. Pertama adalah etika deskriptif, disini kita mempelajari tingkah laku pribadi atau personal morality dan juga sosial morality. Untuk pendekatan ini kita menganalisa dari aspek tingkah laku manusia seperti motif, niat dan tindakan tindaakaan terbuka. Kedua adalah etika normative dimana dalam pendekatan ini kita lebih terhadap prinsip-prinsip yang harus kita pakai daalam kehidupan kita.

Dari semua cara pengkajian atau pendekatan yang ada dalam filsafat ini bertujuan untuk menentukan sebuah etika atau moral, apakah itu baik atau tidak baik, apakah itu benar atau tidak benar. Sehingga dari sinilah etika/moral itu di masukkan dalam persoalan filsafat yang perlu untuk di pecahkan.

Blog, Updated at: 4:38 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.