.

.

Cara Membuat Database Dengan XAMPP

Emergency, DZ Cyber lagi bingung mau posting apa!
Setelah melalui proses yang cukup alot, akhirnya DZ Cyber putuskan untuk memosting tutorial tentang pembuatan database dengan MySQL/PHP!
Untuk advanced mungkin tutorial ini udah di luar kepala, tapi yang pemula? pasti sedikit bingung! dan DZ Cyber ingin semua orang tau lo buat database itu mudah.
untuk membuat database berbasis MySQL/PHP kali ini kita memakai software yang bernama XAMPP, untuk mendownload silahkan ke mbah google. langsung saja lo XAMPP-nya udah terinstall berikut langkah-langkahnya:


oea,.... dalam tutorial disini kita akan membuat database karyawan dengan satu tabel saja, dimana dalam tabel tersebut ada 3 field/items coloumb yaitu NIK,NAMA dan ALAMAT
1.pastikan di XAMPP Control Panel Application APHACE DAN MySQL-nya dalam keadaan Running, seperti gambar berikut:


2.buka web browser anda (kali ini DZ Cyber memakai Mozila Firefox) terus masukkan "http://localhost/phpmyadmin/" di address barnya.
3.kemudian di menu "ciptakan database baru/creat new database" kita beri nama "dbkaryawan" (ingat, tidak boleh ada space ketika membuat nama database), setelah itu klik tombol "create".


4.setelah itu kita akan ke halaman baru, disini kita akan membuat tabel di database yang telah kita buat tadi. beri nama di "Ciptakan tabel baru pada database dbkaryawan" dengan nama "tbkaryawan" trus number of field-nya kita isi tiga (sesuai dengan rencana kita) setelah itu tekan tombol "GO"


5.selanjutnya memberi nama field-field yang telah kita buat dengan masing-masing nama "nik","nama" dan "alamat". serta pengaturan jenisnya (integer,string,date atau yang lainnya), dan disini kita buat semua fieldnya berjenis VARCHAR (atau boleh di sebut string) dengan lenght/ukuran panjang (mudahnya adalah jumlah karakter maksimal) nya masing-masing 10, 20 dan 25. lebih jelasnya lihat gambar berikut:


6.setelah itu klik tombol selesai. sampai disini, maka anda telah mempunyai database dengan nama dbkaryawan dan ada satu tabel dengan nama tbkaryawan yang mempunyai tiga field dan siap untuk di gunakan untuk program/aplikasi yang akan anda buat berikutnya.

semoga bermanfaat, dan DZ Cyber mengajak kepada semua yang sadar akan pentingnya ilmu dan pentingnya mentransfer ilmu yang sudah kita miliki, AYO BERKARYA dan AYO BUAT SEJARAH HEBAT DALAM HIDUP KITA

Blog, Updated at: 7:29 PM

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.