.

.

FUNGSI DAN PERAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Pengertian Agama
Dalam bahasa Indonesia agama berasal dari bahasa Sansakerta yang artinya tidak kacau, diambil dari dua sukus kara a berarti tidak dan gama berarti kacau. Secara lengkap agama ialah peraturan yang mengatur manusia agar tidak kacau. Menurut maknanya, kata agama dapat disamakan dengan kata relegion (Inggris), relegie (belanda), dan dalam bahasa Arab dengan kata “Dien”.

B.     Eksistensi Agama Saat Ini
Dewasa ini peran agama seakan terlihat berjarak jauh dengan perilaku masyarakat penganutnya, di negara yang dihuni komunitas yangn bisa dikatakan ‘taat’ beragama seperti Indonesia, mengapa tindakan-tindakan negatif lebih dominan mencuat kepermukaan dibandingkan tindakan positif. Seperti halnya saja kasus korupsi tetap saja merajalela bahkan membudaya, ketidakdisiplinan menjadi ‘gaya hidup’ yang sulit dirubah, pengedar dan pemakai narkoba seakan-akan tidak pernah habis diberantas, tidak jerakah atas snaksi hukum yang mengancam, bahkan pada lihat di televisi bermunculan wajah-wajah baru, tidak kenal apapun statusnya, mulai dari preman, ibu rumahtangga, kalangan artis hingga kakek yang sudah berusia senja yang seharusnya pada usia seperti itu memperbanyak amal sebagai bekal di akhirat nanti.
Karena makin meningkatnya kasus negatif, nampaknya media elektronik juga menjadikan sebuah “tindakan negatif” sebagai sebuah program khusus dalam pemberitaan karena lebih menjual dan menarik perhatian para penonton, berita mengenai kriminal merupakan informasi yang bisa terjadi kapan saja dimana saja, selama masih ada niat, waktu dan kondisi yang tepat bagi sipelaku untuk melakukan aksinya.
Kita lihat pada saluran televisi swasta nasional kita, ada sebuah program berita yang khsus menyiarkan kasus-kasus kriminal saja, dari durasi awal sampai akhir, mulai kasus pelecehan seksual hingga pembunuhan dengan sadis pemotongan mayar seorang manusia (kanibal) yang tidak berprikemanusian. Pemicunya terkadang hanya maslah sepele yaknitidakbisa mengontrol rasa cemburu yang berlebih, akhirnya terbesit bisikan setan untuk menghabisi nyawa pasangannya dengan berbagai cara, setelah membunuh, sipelaku tersadar apa yang telah diperbuatnya, karena tidak ingin dipenjara maka sipelku bingung bagaimana menghilangkan jejak, kemudian membuang mayat tersebut ke sungai yang sebelumnya dipotong-potong terlebih dahulu supaya biladitemukan warga mayatnya tidak dapat dikenali, tapi dengan berjalannya waktu perbuatan jahat pasti akan dicurigai dan terungkap siapa pelaku sebenarnya karena tim penyidik sudah semakin profesonal, lihat saja pada kasus ryan di Jombang, Jawa Timur yang sudah membunuh belasan nyawa pada akhirnya juga terungkap, sepintar-pintarnya monyet meloncat pasti akan jatuh jua.
Oleh karena itu sekian banyak masalah kriminal yang kita saksikan dimasyarakat mar kita memahami apa selebarnya yang kurang dalam hidup ini, intinya adalah mari kita lebih mendekatkan diri pada Allah SWT dan menjalankan ajaran agama dengan sebaik-baiknyadan memahami apa peran dan fungsi agama tersebut dalam kehidupan.
Kita dapat merasakan atau melihat denganjelas siapapun orangnya apabila menjalankan ibadah keagamaan dengan sebenarnya-sebenarnya dengan penuh keyakinan maka segala perbuatan yang berbau negatif pasti akan dihindarinya.

  
BAB II
FUNGSI DAN PERANAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN
(agama memberi makan rohani, agama menanggulangi kegelisahan hidup, agama mengatasi keterbatasan akal dan tantangan hidup)

A.     Agama memberi makan rohani
Kita tahu bahwasanya manusia terdiri atas dua unsur , yaitu unsure jasmani dan rohani(spiritual). Kedua unsure ini harus mendapatkan perhatian yang seimbang, terutama dalam masalah pemenuhan kebutuhan masing masing. Di mana unsure jasmani membutuhkan pemenuhan yang bersifat kebendaan, sedangkan unsur rohani membutuhkan pemenuhan yang bersifat bukan kebendaan.
Untuk lebih jelasnya kita lihat bagan di bawah ini:
Rounded Rectangle: JASMANI
Rounded Rectangle: MAKAN
Rounded Rectangle: PENDIDIKAN
Rounded Rectangle: OLAHRAGA
Rounded Rectangle: KASIH SAYANG
Rounded Rectangle: DAN SEBAGAINYA
Rounded Rectangle: DAN SEBAGAINYA
 









Dari bagan di atas kita dapat menyimpulkan bahwa :
1.      Unsur  jasmani membutuhkan sesuatu yang bersifat keduniaan
2.      Sedangkan unsure rohani membutuhka sesuatu yang bersifat agamis
Jadi sudah jelas bahwa  agama adalah sesuatu yang memberikan kebutuhan rohani , sepertikebutuhan yang sudah tertulis di bagan, contoh:
Seluruh agama di dunia mengajarkan pada setiap penganutnya untuk menjadi mnusia yang berpendidikan, supaya mereka semua (penganut) memiliki budi pekerti atau tingkah laku yang baik. Agama juga sangat menjunjung tinggi harga diri ,diri sendiri ataupun orang lain. Sehingga setelah saling menghormati antara diri sendiri dan orang lain maka akan tercipta rasa saling mengasih sayangi
Dari uraian di atas dapat di tarik kesimpulan, bahwa:
1.      Agama mempunyai peranan yang sangat penting untuk member kebutuhan rohani kita:
2.      Setiap agama, mempunyai tujuan yang sama ,agar para penganutnya menjadi orang yang baik dan taat akan peraturan agama mereka.

B.     Agama menanggulangi kegelisah hidup
Pada dasarnya kegelisahan hidup terjadi apabila kedua unsure manusia (rohani dan jasmani) tidak terpenuhi secara seimbang (proporsional) atau bahkan timbang antara keduanya.  Sehingga kembli pada pembahasan yang sebelumnya tentang unsur- unsur pada manusia.jika kebutuhan unsure-unsur tersebut dapat terpenuhi secara proporsional maka kehidupan manusia itu akan mencapai keharmonisan yang sesunggguhnya, oleh karenanya agama merupakan suatu media yang sangat berperan penting dalam menanggulangi kegelisahan hidup. Karena semua agama mengajarkan umatnya untuk selalu mencukupi kebutuhan kedua unsur manusia tersebut.  Jadi tidak heran jika ada seseorang yang sudah sehat secara jasmani masih gelisah dan kurang bahagia begitu juga sebaliknya.

C.     Agama mengatasi keterbatasan akal dan tantangan hidup
Beberapa per soalan yang sentiasa ditanya oleh manusia merupakan  persoalan yang tidak terjawab oleh akal manusia sendiri, karena memang keterbatasan manusiaitu sendiri. Contohnya persoalan kehidupan selepas mati, sebuah pertanyaanyang sangat  menarik dan untuk menjawabnya adalah perlu. Tapi manusia tak akan pernah bisa menlogikakannya dan mencari kebenarannya. Maka, agama itulah yang kemudian yang menjawab persoalan-persoalan ini. Hingga timbul perbedaan-perbedaan pendapat antara penganut agama yang satu dengan yang lainnya.
Selain itu agama juga mampu mengatasi tantangan hidup manusia. karena di lihat dari manusia itu sendiri, manusia adalah  makhluk sosial mereka tidak bisa melakukan semua hal dalam kehidupannya secara individualis. maka disinilah agama berperan sebagai media yang dapat menangggulangi tantangan tantangan tersebut,karena semua agama mengajarkan umatnya tentang kesatuan, solidarisme, dan saling tolong menolong.
Atau bisa di katakan agama adalah faktor integratif bagi masyarakat. yang berarti agama merupakan  media yang mampu menciptakan suatu ikatan bersama, baik diantara anggota beberapa masyarakat maupun dalam kewajiban-kewajiban sosial yang membantu  mempersatukan mereka. Hal ini dikarenakan nilai-nilai yang mendasari sistem-sistem kewajiban sosial didukung bersama oleh kelompok-kelompok keagamaan sehingga agama menjamin adanya kesesuaian dalam  masyarakat.


BAB III
PENUTUP
A.     Kritik Dan Saran
      Dalam sistematika penulisan makalah yang sangat sederhana ini  tentunya banyak terdapat kekeliruan mulai dari kurang jelasnya materi yang tercantum, dikarenakan kurang adanya referensi yang penulis temukan. Dan tentunya banyak kekurangan kekurangan lain dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, penulis sangat berharap sekali kepada para pembaca yang budiman, agar memberikan kritik dan saran konstuktif dalam penulisan makalah ini selanjutnya. Penulis juga meminta maaf yang sebesar besarnya, apabila adanya penulisan makalah ini kurang begitu memuaskan hati para pembaca sekalian.

  

REFERENSI
http://abdain.wordpress.com/2010/04/11/fungsi-agama-bagi-kehidupan/
http://wakey-smile91.blogspot.com/2010/04/fungsi-agama-bagi-kehidupan.html
http://uraymashuri.blogspot.com/2007/07/fungsi-agama-diantara-bangsa-bangsa.html

Blog, Updated at: 11:10 AM

0 komentar:

Post a Comment

Popular

Recent Comment

Powered by Blogger.